Standar Kompetensi Lulusan UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012 sama seperti tahun-tahun sebelumnya; yang diuijikan hanya kemampuan membaca dan menulis. Guru dan murid tidak usah khawatir gagal. Yang terpenting: mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Waktu Belajar, Berdoa dan Bermain harus diperhatikan. Jangan terlalu banyak belajar, melupakan Berdoa atau bermain. Otak kita bukan mesin, otak perlu istirahat.
Berikut SKL UN Bahasa Inggris SMP/MTs yang diambil dari BSNP:
1. READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Indikator:
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement,
invitation.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu /informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
2. WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Indikator:
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.
Selasa, 24 Januari 2012
SKL UN Bahasa Inggris SMP/MTs Tahun 2012
Diposting oleh Bazar Post di 06.59 1 komentar
Label: download silabus bahasa inggris smp, indikator kelulusan, membaca dan menulis, menulis, SKL UN
Jumat, 20 Januari 2012
Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris SMP/MTs Tahun 2012
Kisi-kisi dan prediksi soal UN Bahasa Inggris SMP/MTs tahun 2012 berikut ini penting sekali untuk dipelajari baik oleh guru dan murid. Kisi-kisi ini memang tidak jauh berbeda dengan tahun 2011. tetapi ada beberapa penambahan dan pengurangan materi. Diantaranya: Tidak ada soal yang menyatakan jumlah waktu, hari, angka dan tidak ada soal yang menggunakan kata EXCEPT, TRUE DAN NOT TRUE.
Berikut ini penyebaran soal yang terdiri dari kemampuan reading dan writing:
PENYEBARAN SOAL:
1.Reading 43 soal;
• Gambaran umum : 4 soal
• Inform rinci tersurat : 8 soal
• Informasi tersirat : 10 soal
• Makna kata/frasa/ : 6 soal
• Pikiran utama : 5 soal
• Pesan moral : 2 soal
• Rujukan kata : 3 soal
• Tujuan komunikasi : 3 soal
• Informasi tertentu : 2 soal
2. Writing 7 soal
• Kata acak : 2 soal
• Kalimat acak : 2 soal
• Melengkapi teks : 3 soal
Selengkapnya, kisi-kisi UN yang sudah dinanti-nanti bisa dilihat di bawah ini:
Diposting oleh Bazar Post di 02.34 0 komentar
Label: kisi-kisi UN Bahasa Inggris, penyebaran soal, peserta sertifikasi guru tahun 2012, prediksi soal UN, SMP/MTs