RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs : SMP Negeri 3 Gombong
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX / Gasal
Jenis Teks : Teks Report
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi:
5.Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar :
5.1 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
C. Indikator
1. Kognitif
Produk:
a. Siswa dapat mengidentifikasi struktur generic teks.
Proses:
a. Siswa dapat menemukan ide pokok teks.
b. Siswa dapat menemukan pikiran utama setiap paragraf
c. Siswa dapat mengidentifikasi informasi khusus.
d. Siswa dapat mengidentifikasi informasi implicit
e. Siswa dapat menemukan rujukan suatu kata/frasa
2. Sikap:
a. Menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi.
b. Menjadi lebih suka membaca teks bahasa Inggris
3. Psikomotor:
a. Menggunakan alat ucapnya untuk berlatih membaca teks bahasa inggris dengan artikulasi yang tepat
D. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
Produk:
a. Diberikan teks report, siswa dapat menentukan struktur generic teks tersebut dengan benar.
Proses:
a. Diberikan teks report, siswa dapat menentukan gambaran umum teks tersebut.
b. Diberikan teks report, siswa dapat menemukan ide pokok paragraph dengan tepat.
c. Diberikan teks report, siswa dapat menemukan informasi tertentu dengan tepat.
d. Diberikan teks report, siswa dapat menemukan informasi implisit dengan tepat.
e. Diberikan teks report, siswa dapat menemukan rujukan kata/frasa dengan tepat
2. Sikap:
a. Dengan membaca siswa dapat mencari berbagai informasi
b. Menjadi lebih suka membaca teks bahasa Inggris
3. Psikomotor:
a. Dengan mencari bacaan di internet siswa bias menjadi aktif mencari bahan-bahan bahasa inggris.
E. Materi Pembelajaran
1. Gambar dan Video tentang ikian hiu
2. Teks Report:
Sharks are a type of fish that lives in the sea. Sharks have lived on earth for almost 400 million years. Today, there are about 375 species (kinds) of sharks. The smallest is dwarf dogfish which is less than 8 inches (20 centimeters) long. The huge whale shark can be 50 feet (15 meters) long.
Sharks, like all fish, are vertebrates (i.e. animals with a backbone). A shark’s skeleton, however, is not made of bone. It is made of bendable material called cartilage. Sharks, like other fish, are cold-blooded. They do not make their own body heat.
Sharks live in seas all over the world. Most sharks live in warm waters. However, sharks have been spotted near the North and South Pole. Sharks live in salt water, but some can live for a while in fresh water. Bull sharks, for example, can swim up the Mississippi River. Some kinds of sharks live in shallow water along coastlines. Other sharks live far out in the open ocean. A few species live deep down in the sea.
Most sharks have powerful jaws and rows of sharp, triangular teeth. They use their teeth and jaws to crush their prey or tear out pieces of flesh. Your teeth are anchored in your jaw. A shark’s teeth are set into its gums. Sharks often lose teeth while eating. However, there are always rows of new teeth growing behind the first set. As a shark loses teeth, new ones move forward to replace them.
Fish, along with shellfish, is the favorite food of most meat-eating sharks. Great white sharks will sometimes eat larger sea creature such as seals, dolphins, whales, and other marine mammals.
Sharks play an important role in keeping the ecosystems in balance. Sharks often eat weak or diseased animals. Biologists fear that without sharks, the number of other animals in the sea would quickly grow out of control and eat all the food. It might take many years to restore the delicate balance that sharks help maintain.
F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan: cooperative learning
2. Metode: Text-Based instruction
G. Langkah-langkah Kegiatan
1. Kegiatan awal:
a. Salam dan cek kehadiran
b. Apersepsi tentang ikan dan teks report
2. Kegiatan Inti
Exploration
a. Bertanya kepada siswa tentang ikan hiu
b. Menunjukkan gambar dan video kepada siswa
c. Siswa membaca teks secara individu
Elaboration
a. Guru menyuruh murid membaca teks secara berkelompok
b. Diberikan teks report siswa dapat menemukan gambaran umum teks.
c. Diberikan teks report siswa dapat menemukan ide pokok paragraf
d. Diberikan teks report siswa dapat mengidentifikasi informasi khusus.
e. Diberikan teks report siswa dapat menemukan informasi implisit.
f. Diberikan teks report siswa dapat menemukan rujukan kata/frasa
g. Diberikan teks report siswa dapat mengidentifikasi struktur generic teks
Confirmation
a. Guru menanyakan kembali tentang ikan hiu
3. Kegiatan Akhir
a. Guru menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani
b. Membuat rangkuman
H. Sumber Belajar
1. Teks
a. Let’s Talk kelas 9
b. Fokus Bahasa Inggris K.9
c. Practice Your English Competence 3
2. Gambar
a. http://kealse.blogspot.com/2011/10/10-ikan-hiu-terbesar-di-dunia.html
b. http://spesiesikan.blogspot.com/2010/06/jenis-jenis-ikan-hiu-terunik.html
3. Video
a. www.youtube.com
I. Penilaian
1. Teknik : Tes Tulis
2. Prosedur : Selama proses (butir tes sekaligus juga student’s worksheet).
3. Bentuk : Teks Report berjudul Shark
4. Instrumen : terlampir
Gombong, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Siran, S.Pd. Anggar Mubasar, S.S.
NIP. 19631209 198601 1 002 NIP. 19700224 200801 1 005
Rabu, 19 September 2012
RPP Bahasa Inggris Kelas 9 Tahun 2012 KD 5.1
Diposting oleh Bazar Post di 20.00
Label: KD 5-1, RPP Bahasa Inggris Kelas 9 SMP
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)
0 Comments:
Post a Comment